4 Minuman Khas yang Wajib Kamu Nikmati Saat Berkunjung ke Yogyakarta

Kamis, Agustus 20, 2020

Apa yang terlintas di benakmu ketika ada pertanyaan, ‘minuman apa yang erat kaitannya dengan Yoyakarta?’ Bisa dipastikan sebagian besar dari kamu akan menjawab, ‘Jamu’. Ya, Jamu memang salah satu minuman tradisional dengan resep turun-temurun yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Jawa, termasuk juga Yogyakarta.

Namun, selain Jamu, sebenarnya ada beberapa minuman khas Yogyakarta yang harus kamu coba jika kamu berkunjung ke Kota Pelajar ini. Minuman-minuman berikut ini juga bisa menjadi pereda stres dan bisa digunakan untuk detoks pikiran

1. Wedang Ronde

Wedang Ronde
Wedang Ronde (Sumber: instagram.com/jogjafood)

Menikmati malam di Yogyakarta, akan semakin lengkap dengan menikmati minuman hangat wedang ronde. Ronde sendiri berbentuk bulatan kecil yang terbuat tepung beras yang di dalamnya berisi campuran gula merah dan kacang tanah.

Wedang Ronde sendiri adalah bukti adanya perbauran budaya tionghoa yang masuk ke Indonesia di masa lalu, karena resep ronde awalnya memang berasal dari resep makanan tionghoa bernama Tangyuan. Namun, setelah masuk ke Indonesia dan menyatu dengan budaya Jawa yang erat dengan resep minuman herbal, maka jadilah Wedang Ronde. Cara penyajian wedang ronde pun berbeda dengan minuman kebanyakan, tidak disajikan ke dalam gelas, melainkan dengan sebuah mangkuk kecil yang tak hanya berisi ronde, namun juga agar-agar, kolang-kaling, taburan kacang tanah sangria yang kemudian disiram air jahe yang hangat.

Ingin menikmati hangatnya wedang ronde? Penjual wedang ronde bisa sangat mudah ditemukan di Yogyakarta, salah satunya ada di sekitaran alun-alun kidul. Kamu bisa duduk lesehan di alun-alun kidul sambil menghangatkan badan dengan semangkuk wedang ronde. Dijamin kamu akan ketagihan saat merasakan sensasi rasa manis dari ronde, dan hangatnya air jahe yang mengalir di tenggorokan.

2. Wedang Uwuh

Wedang Uwuh (Sumber: instagram.com/bimantarahp)

Jika diterjemahkan, wedang uwuh memiliki arti minuman sampah. Ya, mungkin kamu akan bingung dengan sebutan ini, tapi jangan salah, minuman sampah ini justru memiliki banyak khasiat karena terbuat bukan dari sampah sembarangan.

Wedang Uwuh ini berasal dari Imogiri, Bantul, Yogyakarta, terbuat dari racikan jahe, daun secang, cengkeh, kayu manis, kapulaga, pala serta gula batu yang diseduh dengan air panas. Kumpulan rempah ini sekilas terlihat seperti sampah yang tidak berguna, oleh karena itu disebut Wedang Uwuh.

Saat kamu menyeduh rempah-rempah uwuh ini, akan timbul warna cokelat kemerahan yang tercipta karena daun secang serta wangi yang hangat dari rempah-rempah lainnya. Jika kamu merasa kelelahan dan masuk angin saat jalan-jalan ke Yogyakarta, kamu harus mencoba Wedang Uwuh ini untuk mengembalikan kesegaran tubuh kamu.

3. Wedang Secang

Wedang Secang (Sumber: instagram.com/infusedwaterindonesia)

Hampir sama dengan wedang uwuh dan wedang ronde, wedang secang ini adalah jenis minuman rempah yang bisa kamu nikmati ketika berada di Yogyakarta. Konon, Wedang Secang ini adalah minuman turun temurun yang dulu menjadi minuman favorit Raja Majapahit.

Sekilas, mungkin tampilannya hampir sama dengan wedang uwuh yang berisi beberapa rempah yang dicampur jadi satu, namun rempah-rempah di wedang secang lebih sedikit jika dibandingkan dengan wedang uwuh karena hanya berisi kayu secang, jahe, dan daun sereh saja.

Ketika direbus atau diseduh air panas, selain warna merah yang tercipta dari kayu secang, akan tercipta juga wangi jahe dan daun sereh yang menjadi satu.

Kamu ingin merasakan sensasi hangat minuman kesukaan Raja Majapahit? Jangan lupa nikmati Wedang Secang ini jika kamu berkunjung ke Yogyakarta.

4. Kopi Joss

Kopi Joss (Sumber: instagram.com/jogjaseni)

Kamu penggemar kopi? Jika iya, maka kamu tak boleh melewatkan sajian Kopi Joss khas Yogyakarta yang sangat terkenal ini.

Kopi Joss adalah kopi hitam yang cara penyajiannya dengan dicelup arang panas hingga menimbulkan suara ‘josssss’, karena itulah kopi ini disebut kopi joss.

Kalau kamu ingin menikmati kopi joss di Yogyakarta sangatlah mudah, karena hampir semua angkringan di kota ini menyajikan kopi joss. Akan tetapi kalau kamu ingin minum kopi joss di angkringan pelopor minuman unik ini, kamu harus pergi ke Angkringan Lek Man yang letaknya tak jauh dari Stasiun Tugu dan Malioboro.

Itulah 4 (empat) minuman khas yang wajib kamu nikmati jika berkunjung ke Yogyakarta, minuman-minuman khas ini tak hanya bisa menghangatkan badan, namun juga akan membuatmu lebih mengenal budaya Yogyakarta. (*) 

19 komentar

  1. Pertama kali kenal minuman ala jamu yang diseduh gini itu wedang uwuh. Ada yang ngasih sebagai oleh-oleh dan ternyata enaaak. Karena basicnya aku emang suka jamu, ya. Cuma baru tau aja kaya wedang uwuh ini. Dan wedang secang juga baru tau belakangan sejak dokter zaidul akbar ngenalin minuman herbal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku nyobain wedang uwuh malah yang instan kak Ipeh.. hihihi
      Tapi enak juga kok

      Hapus
  2. Wedang ronde ini gak terlalu asing bagi saya kak karena dulu ada kenalan yang tinggal sama kami berasal dari solo. Saya tertarik sama kopi Joss. Nanti deh nyobain ke tempat lek man.

    BalasHapus
  3. dari 4 minuman khas itu saya klo ke Yogya yg blm kesampaian kopi joss mbak.. piye ya rasane ada minuman kecemplung areng hihi..apa ga keset di kerongkongan..duh penasaran deh..

    BalasHapus
  4. Perlu banget ini dicoba so 1 sampai 4 belum pernah nyobain gimana rasanya

    BalasHapus
  5. Yg belum dan pengen ngerasain adalah kopi Joss. Yg lain sudah pernah nyobain.

    BalasHapus
  6. aku paling seneng wedang ronde karena ada yang kenyel2nya itu, namanya apa ya aku lupa. Untung di Surabaya ada jadi pas lagi pengin tinggal beli. hehehe.

    BalasHapus
  7. aku paling suka jogja.juga minuman sebangsa wedang uwuh itu nyess anget2 enak bgt. kalau yang belum kucoba itu kopi jos mbak...aku ga berani hehe

    BalasHapus
  8. Wedang secang saya belum pernah nyobain. Kirain minuman di Jogja itu ya susu jahe, yang ada kaitannha dengan angkringan.

    BalasHapus
  9. Aku penasaran dengan wedang ronde kak, sepertinya nikmat banget. Aku orang jawa tapi sayangnya belum pernah pulang ke jawa. Merantau dari lahir. Hihihi Kalau mau buat sendiri bisa kah kak?

    BalasHapus
  10. Aku tuh gak tahu kalau wedang uwuh dan penasaran mau buat gitu cuma bingung apa aja bahannya, kalau wedang ronde sewaktu jalan ke Jogjakarta suka minumnya

    BalasHapus
  11. Yang belum cobain kopi joss, soalnya kopi hitam panas kqn kak? Kopi joss rasa capucino gitu ng ga mungkin ada kan ya hehehe

    BalasHapus
  12. Mesti cobain semuanya nih kl lagi main ke Yogyakarta, kayaknya seger2 semua tuh minumannya. Apalagi sama wedang ronde, penasaran pengen nyobain

    BalasHapus
  13. aku suka dengan wedang ronde karena pas diminum, efek ke dalam tubuh terasa hangat ya, kalau yang lain belum pernah coba. Kalau ke yogya jadi pengen cobain deh.

    BalasHapus
  14. Wedang uwuh dan wedang secang aku kok gak begitu suka ya. Dulu beli itu pas masuk mirota, tokonya kayak mistis gitu ya wkwkwk

    BalasHapus
  15. gak ada yang saya doyang, wkwkwk. saya tuh tetep kalo ke jogja nyarinya es gak tau kenapa gak doyan aja gitu sama yang anget2 kek wedang ronde. padahal itu minuman kesukaan ibu bapak saya, hihi.

    BalasHapus
  16. Cuman wedang ronde yang sudah kesampaian ... wedang secang, wedang uwuh dan kopi jos belum nyobain... biaar ada alasan utk selalu bisa main ke jogja

    BalasHapus
  17. Yummy nyam nyam kus uka semua mbak minumannya ..kopi joss aja nih blm kesampaian heuheu

    BalasHapus
  18. hihi emang ya kalo ke jogja harus banget nih mampir ke sini dan menikmati sajian khas sana. biar berasa lagi di jogja hehe.

    BalasHapus