Han Ji Pyeong, Second Lead ‘Start-Up’ yang Bikin Baper Penggemar K-Drama

Rabu, November 11, 2020

Second lead syndrome kembali menyerang para pecinta K-Drama. Kali ini disebabkan kehadiran Han Ji Pyeong, sosok Second Lead Male di drama Start-Up.

Second lead syndrome sendiri adalah ungkapan perasaan penonton yang lebih menyukai tokoh second lead dibandingkan main lead di dalam drama atau film.  

Memang tak bisa dipungkiri, sosok Han Ji Pyeong (Kim Seon Ho) sudah menarik perhatian penonton sejak Start-Up episode 1. Alih-alih mendukung Nam Do San (Nam Jo Hyuk), para penonton, termasuk saya justru jatuh hati pada Han Ji Pyeong. 

Han Ji Pyeong adalah tokoh second lead di Drama Start-Up yang diperankan Kim Seon Ho
Kim Seon Ho as Han Ji Pyeong

Sejujurnya, selama jadi penonton K-Drama, baru kali ini saya mengalami Second Lead Syndrome, karena sebelum-sebelumnya kapal dukungan saya selalu berlayar dengan indah. 

Misalnya saja di Reply 1988, saya pendukung Choi Taek sejak awal. Begitu juga di Extraordinary You, saya masuk ke dalam Tim Ha-Ru. Lalu kenapa kali ini, saya dan banyak sekali penonton Start-Up yang mendukung Han Ji Pyeong? 

Bahkan, di media sosial sendiri, khususnya twitter, setiap kali Start-Up tayang, nama Han Ji Pyeong, #TimHanJiPyeong, atau #TeamJiPyeong selalu masuk ke dalam trending topic. Padahal, berharap pada second lead adalah patah hati yang paling disengaja. Sebenarnya ada apakah ini?

Baca Juga: 5 Drama Korea Inspiratif, dari Dream High Hingga Start Up

Setelah saya perhatikan, ada beberapa alasan kenapa pendukung Han Ji Pyeong ini begitu banyak, termasuk selebgram dan selebtweet Alexander Thian, Arief Muhammad, dan Raden Rauf

1. Han Ji Pyeong Anak Baik

Sejak episode pertama Han Ji Pyeong sudah disebut sebagai anak baik oleh Nenek Seo Dal Mi. Sosok Han Ji Pyeong yang mau membantu Nenek Dal Mi menulis surat, kemudian menahan diri untuk nggak ambil uang tabungan Nenek Dal Mi menunjukkan bahwa Han Ji Pyeong memang memiliki kebaikan dalam hatinya. 

Kebaikan-kebaikan Han Ji Pyeong ini tentunya perlu diganjar dengan kebahagiaan juga, tak hanya soal harta, tapi juga cinta dari Seo Dal Mi.

2. Cinta Pertama Seo Dal Mi

Han Ji Pyeong sebagai penulis surat atas nama Nam Do San adalah cinta pertama Seo Dal Mi. Han Ji Pyeong lah yang berhasil menemani Seo Dal Mi di masa-masa sulit lewat surat-surat yang ia tulis hingga harapan-harapan dalam diri Seo Dal Mi terus tumbuh dan ia dapat bertahan hingga ia dewasa. 

Tanpa disadari, Han Ji Pyeong juga bahagia dengan kebiasaannya berkirim surat dengan Dal Mi hingga ia mampu mencurahkan perasaannya. Bahkan, Seo Dal Mi juga mampu memahami kenapa Han Ji Pyeong yang menulis dalam suratnya ingin bermain Go Stop saat ia ulang tahun. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Drama Korea Terbaik

3. From Zero To Hero

Nam Do San dan Han Ji Pyeong memang sama-sama berangkat dari titik terbawah, namun bedanya, Nam Do San masih memiliki keluarga yang meskipun sering bertengkar tetap selalu mendukungnya, termasuk orang tuanya yang berperan sebagai investor. 

Nam Do San sejak kecil masih memiliki tempat tinggal, memiliki uang, tidak pernah kelaparan, dan juga yang terpenting masih memiliki orang tua. 

Sedangkan Han Ji Pyeong sejak kecil tak memiliki orang tua, hidup di panti asuhan, harus rela menahan lapar di tengah hujan hingga kemudian ia bertemu nenek Seo Dal Mi. 

Han Ji Pyeong berhak mendapatkan kebahagiaan dalam asmara setelah bertubi-tubi kesedihan yang dialaminya. 

4. Selalu Ada Untuk Dal Mi

Banyak orang berpikiran bahwa sikap Han Ji Pyeong membantu Dal Mi hanya karena ingin membalas budi pada nenek Seo Dal Mi. 

Padahal, bukan karena Han Ji Pyeong tidak mencintai Seo Dal Mi, hanya saja ia tipe lelaki yang bingung dengan perasaan yang dialaminya. Bahkan, untuk tahu bagaimana perasaan cemburu saja, dia harus bertanya pada Yeong Sil. Haha. 

Namun, dari semua sikapnya, tak bisa dipungkiri kalau Ji Pyeong sayang banget ke Dal Mi. Lihat saja bagaimana sikap Ji Pyeong yang melindungi kepala Dal Mi saat masuk ke mobil, mengoreksi naskah presentasi Dal Mi, menjawab lebih dari 400 pertanyaan yang dikirim Dal Mi, menjaga tanaman pemberian Dal Mi (meskipun awalnya mau dibuang hahaha), beliin sandal Dal Mi saat sepatunya kena kotoran sapi, hingga jauh-jauh menjemput Dal Mi.


Ibaratnya Han Ji Pyeong ini adalah  suami siaga yang selalu ada untuk Seo Dal Mi. 

Meski selalu mendukung Dal Mi, bukan berarti Han Ji Pyeong selalu mengiyakan semua hal yang dipilih Dal Mi. 

Han Ji Pyeong selalu mendukung Dal Mi, tapi tidak selalu mengiyakan semua pilihan Dal Mi. Inilah yang dibutuhkan Dal Mi untuk masa depannya, sosok yang tak hanya bisa memberikan dukungan, tapi juga bisa bersikap kritis. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Drama Korea Bertema Medis 

5. Dimple Prince yang Humoris

Katanya, cowok tampan akan kalah dengan cowok humoris, trus gimana dong kalau cowok humoris itu juga tampan dan memiliki sebutan sebagai dimple prince kayak Han Ji Pyeong? Tentunya gak ada jalan lain selain menjatuhkan hati padanya. Hahaha. 

Nah, itulah beberapa alasan kenapa banyak penggemar K-Drama yang terkena Second Lead Syndrome gara-gara Han Ji Pyeong. Kalau kamu, apa alasan jatuh hati pada Han Ji Pyeong? Adakah di antara beberapa alasan di atas? (*)


15 komentar

  1. udah baik, ramah, tidak sombong, dan ganteng... bikin oleng nih, padahal aku tim dosan :p

    BalasHapus
  2. Kim Seon Ho ini Ganteng..ganteng..ganteng itu aja komentar ku wkwkwk makan apa deh itu orang bisa seganteng itu wkwkwk

    BalasHapus
  3. aku tuh kenal dia pas main di drama welcome to waikiki 2, emang ganteng sih dia. eh pas di start up ini makin booming yak. saya belum nonton sih, entah kenapa aku kurang suka sama suzy wkwkwk.

    BalasHapus
  4. Aku tuh suka nonton film drama Korea tetapi nggak pernah tahu tuh nama artisnya siapa, yang paling ku amati ini adalah sipnopsis sebelum aku nonton film tersebut dan kalau beruntung dapat review sebelum jatuh hati dengan film itu. Nggak peduli pemainnya siapa yang penting filmnya asik aja di Tonton

    BalasHapus
  5. Kok cakep ya pemain drakornya, wkwkwk. Beneran makin banyak baca start up makin pesasaran mau nonton aku tuh

    BalasHapus
  6. Aduh lesung pipinya itu loh bikin baper aja dehh kak, pegen banget ketemu langsung euyy

    BalasHapus
  7. Paling suka nonton drama Korea, tapi saya gak hapal nama2 pemainnya😁😁. Drama Korea bagus2 filmnya, pemerannya pun cakep2

    BalasHapus
  8. racuuun ini mah... aku yang selama ini bertahan di china mau nggak mau icip juga ini drakor... nggak kuat euy menolak pesonanya han ji pyeong. emaknya dulu pas hamil nyidam apa sih punya anak perfect kek gini...hahahha

    BalasHapus
  9. Drama Korea memang lagi happening ya.. selain alur ceritanya tidak membosankan tapi juga karena aktris dan aktor nya keren2. Ganteng2 dan cantik2..

    BalasHapus
  10. Hmmmm... kalau drakor belum ada yg nyangkut kak.. masih seneng dengerin temen cerita atau ga baca tulisan2 temen-temen aja...

    BalasHapus
  11. Hahaha ternyata bukan Kak Icha aja yang kena second lead syndrome.
    Soalnya aku banyak baca review drama start up, pada rame-rame mendukung si Han Ji Pyeong.
    Wajahnya itu loh lembut banget..

    BalasHapus
  12. Woalah, beberapa mutualku doang yang kena second lead syndrome, kamu kena juga gak mbak?? wkwkwk

    BalasHapus
  13. Aku belum nonton donk, nunggu kelar dulu. Paling males nonton kalo masih on going, bikin capek ati. Hahahha.

    BalasHapus
  14. Belum pernah nonton drama yang diperankan dia. Jadi penasaran, tapi mau nontonnya pas udah kelar ajaaa. Biar ndak nunggu nunggu

    BalasHapus
  15. wah kocak sampe bisa dibikin artikel ini tim han ji pyeong...patah hati yang disengaja adalah berharap pada second lead wkwk.. tapi memang dia terlalu baik buat dalmi sih hihi

    BalasHapus