14 Rekomendasi Drama Korea Terbaik Tahun 2020

Jumat, Januari 08, 2021

Tahun 2020 menjadi perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan untuk kita. Apalagi di masa pandemi, membuat semua orang mau tidak mau harus menghabiskan waktu #DiRumahAja.

Banyaknya waktu di rumah, membuat banyak orang mencari aktivitas untuk menghilangkan rasa bosan, salah satunya dengan menonton drama korea, bahkan gara-gara pandemi ini ada sebutan ‘penonton drama korea jalur corona’ hehe, ya begitulah, semua akan kekoreaan pada waktunya, hohoho. 

Nah, dibanding tahun 2019 lalu, tahun 2020 terbilang banyak drama korea bagus yang tayang. Ternyata pandemi memang tidak terlalu berdampak bagi industri drama di Korea Selatan, sehingga drama-drama bagus terus bisa shooting dan tayang.

Dan berikut ini adalah 14 rekomendasi drama korea terbaik tahun 2020  yang bisa jadi referensi tontonan buat kamu. 

1. Dr Romantic, Teacher Kim 2

Setelah sukses dengan Romantic Doktor, Teacher Kim di tahun 2016. Romantic Doctor, Teacher Kim 2 pun hadir kembali di awal tahun 2020.  

Kisah Romantic Doctor 2 ini masih berfokus pada dokter Boo Yong Joo (Han Suk Kyu) di klinik lusuh Doldam. Banyak pemain di Romantic Doctor 1 yang masih bermain di season ini. Sedangkan untuk kisah romantic couple nya bercerita tentang Cha Eun Jae (Lee Sung Kyung) dan Seo Woo Jin (Ahn Hyo Seop).

2. Itaewon Class

Selain Romantic Doctor, awal tahun juga dibuka dengan kehadiran drama keren Itaewon Class yang dibintangi oleh Park Seo Joon.  Drama ini bercerita tentang Park Sae Ro yi yang membangun usaha restoran di kawasan Itaewon. 

Keinginannya membangun restoran didasari cita-cita ayahnya yang telah meninggal dan keinginannya untuk membalas dendam pada Jang Dae Hee (Yoo Jae-Myung). 

Usaha Park Sae Ro Yi untuk membangun DanBam restoran tidak berjalan mulus, Jang Dae Hee terus menerus berusaha untuk menjegalnya. Meski begitu, Park Sae Royi tidak menyerah, dengan dibantu Jo Yi Seo dan beberapa karyawannya, Park Sae Ro Yi mencoba mengalahkan kedai Jangga milik Jang Dae Hee. 

Baca Juga: Rekomendasi Drama Korea Populer Adaptasi dari Webtoon

3. Hye Bye Mama!

Setelah Crash Landing On You tamat di bulan Februari, TVN kemudian menayangkan drama yang tak kalah memukau, yaitu Hye Bye Mama! Yang mengangkat tema keluarga. 

Berkisah tentang Cha Yoo Ri (Kim Tae Hee) yang meninggal saat mengandung anaknya dan kemudian menjadi hantu. Selama menjadi hantu, ia terus mengikuti anaknya, hingga kemudian ia mendapat kesempatan untuk hidup kembali. 

Drama yang rilis tanggal 22 Februari 2020 ini terbilang menguras air mata, khususnya scene-scene hangat antara Cha Yoo Ri dan anaknya, juga scene Cha Yoo Ri dan ibunya. 

4. The World Of The Married

Memasuki bulan Maret yang berbarengan dengan pelaksanaan PSBB tahap pertama, membuat drama The World Of The Married begitu fenomenal karena banyak orang beramai-ramai menontonnya. 

Ditambah lagi tema yang diangkat adalah tema rumah tangga dan perselingkuhan, sehingga banyak orang yang terbawa arus untuk terus menonton drama ini. 

Berkisah tentang rumah tangga Ji Sun Woo (Kim Hee Ae) dan Lee Tae O (Park Hae Joon) yang terguncang prahara dengan kehadiran orang ketiga, Yeo Da Kyung (Han Soo Hee). 

Saking memukaunya akting para artisnya, membuat penonton pun ikut geregetan dengan alur ceritanya, bahkan netizen pun banyak yang menghujat Han So Hee di kolom komentar media sosialnya karena perannya sebagai pelakor. 

5. Hospital Playlist

Writernim Lee Wong Jung kembali hadir dengan drama Hospital Playlist. Berkisah tentang persahabatan 5 orang dokter sejak mereka masih sama-sama kuliah, hingga mereka berusia 40 tahun. 

Kisah persahabatan antara Ik Joon (Cho Jung Seok), Seok Hyeong (Kim Dae Myung), Joon Wan (Jung Kyoung Ho), Jung Won (Yoo Yeon Seok), dan Song Hwa (Jeon Mi Do) memiliki banyak warna, dari kisah cinta, keluarga, juga komedi khas a la writernim Lee Wong Jun. 

Kabarnya tahun 2021 nanti akan hadir Hospital Playlist Season 2 karena memang cerita kelima sahabat ini masih menggantung.

Baca Juga: Rekomendasi Drama Korea Bertema Medis

6. Its Okay To Not Be Okay

Its Okay To Not Be Okay memiliki genre yang tak biasa, tak hanya menyajikan kisah romantis dan komedi, namun juga bersinggungan dengan psikologi. 

Bercerita tentang Moon Kang Tae (Kim Soo Hyun) seorang perawat di rumah sakit jiwa yang bertemu kembali dengan teman masa kecilnya Ko Moon Young (Seo Ye Ji) yang sudah menjadi penulis buku ternama. Moon Kang Tae juga memiliki kakak berkebutuhan khusus Moon Sang Tae (Oh Jung Se) yang aktingnya patut diacungi jempol. 

Ketiga orang ini memiliki masa kecil yang suram, dan mereka pun mencoba bertahan hingga mereka dewasa bersama ketakutan masa kecil yang terus menghantui. 

Drama ini memiliki sinematografi yang sangat bagus, apalagi ditambah juga dengan perpaduan animasi yang diambil dalam buku yang ditulis Ko Moon Young.

7. Record Of Youth 

Sebelum pergi wamil, Park Bo Gum menyelesaikan drama terbarunya Record Of Youth. Dalam drama ini, ia berperan sebagai Sa Hye Joon yang memiliki mimpi menjadi seorang model dan artis drama terkenal. 

Banyak orang yang memandangnya sebelah mata, termasuk ayahnya sendiri. Tapi Sa Hye Joon terus bertahan dengan mimpinya, bahkan ia juga rela mempertaruhkan hubungan cintanya dengan An Jung Ha (Park So Dam). 

8. Search 

Bagi yang suka dengan drama bergenre suspense atau thriller, drama Search wajib untuk ditonton. Berkisah tentang Yo Dong Jiin (Jang Dong Yoon) dan Son Ye Rim (Krystal) yang harus melawan makhluk misterius dan melarikan diri dari DMZ. Meski menarik dan penuh misteri, drama ini hanya memiliki 10 episode saja.   

9. Start Up

Pada trimester akhir tahun 2020, pecinta drama korea kembali dihebohkan dengan adanya drama Start Up. Bercerita tentang Nam Do San (Nam Jo Hyuk) dan Seo Dal Mi (Bae Suzy) yang ingin meraih mimpi mereka membangun perusahaan Start Up.

Pada episode awal, kisah sudah terasa lengkap dan menjadi pemantik yang bagus untuk ditonton. Semua awal masalah sudah dibuka, sehingga tidak membuat penonton bertanya-tanya akan bercerita tentang apa drama ini.  

Drama ini membuat banyak pecinta drama terkena second lead syndrom dengan kehadiran Han Ji Pyeong (Kim Seon Ho), yang memiliki kenangan masa lalu dengan Seo Dal Mi. 

Tak hanya membuat SLS saja, tapi penonton drama ini juga terbelah menjadi Tim Nam Do San dan Tim Han Ji Pyeong. Kalau kamu, tim mana nih? 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Drama Korea Terbaik Tahun 2019

10. The Penthouse

Drama keluarga suspense yang menguras emosi kembali hadir, yaitu The Penthouse. Berkisah tentang beberapa keluarga yang tinggal di apartemen mewah, dan saat hari jadi apartemen tersebut terjadi kasus pembunuhan yang menewaskan seorang anak. 

Nah, teka-teki tentang tewasnya anak ini ternyata tidaklah sederhana, apalagi drama ini juga dibumbui dengan perselingkuhan dan ketamakan untuk menjadi keluarga terbaik.

Drama ini bisa dibilang memiliki campuran permasalahan antara Sky Castle, The World of Married, dan Clash Of Lies, bisa dibayangkan bukan betapa menguras emosi drama ini. Dan setelah The Penthouse ini selesai, sudah disiapkan pula untuk drama The Penthouse 2. 

11. Birthcare Center

Buat kamu yang suka dengan drama korea ringan namun penuh edukasi, Birtcare Center bisa menjadi drama korea yang wajib ditonton. Berkisah tentang Oh Hyun Jin (Uhm Ji Won), wanita karir yang baru saja melahirkan anak pertama di usia tua. 

Meskipun piawai dalam hal pekerjaan, Oh Hyun Jin merasa gagap untuk merawat anak, oleh karena itu ia memutuskan untuk datang ke tempat perawatan pasca persalinan, Serenity. 

Di drama ini diperlihatkan betapa tidak mudahnya menjadi seorang ibu, namun karena dibalut dengan komedi, drama ini bisa menjadi tontonan tak hanya para wanita, tapi juga para pria. 

12. The Uncanny Counter

Uncanny Counter menjadi drama dengan rating tinggi di OCN yaitu 7,7, rating ini berhasil mengalahkan rating 7,1 milik drama Voice 2 (2018).

Drama ini bercerita tentang sekelompok orang yang memiliki kekuatan khusus dan bekerja memburu roh jahat yang membahayakan manusia. 

So Mun(Jo Byung Gu) mempunyai kekuatan bisa membaca kenangan. Ga Mo Tak (Yu Jun Sang) memiliki kekuatan tubuh luar biasa, Do Ha Na (Kim Se Jeong), bisa merasakan keberadaan roh jahat, dan Chu Mae Ok (Yum Hye Ran) bisa menyembuhkan orang.   Dan demi menjalankan tugas memburu roh jahat, mereka pun rela menyamar sebagai penjual mie. 

13. Mr. Queen



Di penghujung tahun, banyak drama bergenre komedi bermunculan, salah satunya Mr. Queen. Bercerita tentang Jang Bong Hwan, koki rumah biru Presiden yang playboy terjebak dalam tubuh Ratu Cheorin (Shin Hye Sun) di era Joseon. 

Seorang laki-laki playboy yang terjebak dalam tubuh seorang ratu menjadikan drama ini penuh komedi, apalagi ketika bersinggungan dengan Raja Cheoljong (Kim Jung Hyun)

Pada awalnya banyak penonton yang memberi komentar negatir dengan drama ini karena dianggap menciderai sejarah. Namun, drama ini tetap berlanjut setelah tim produksi meminta maaf dan mencantumkan pada credit title, bahwa drama ini tidak ada hubungannya dengan sejarah Korea Selatan. 

Drama ini diadaptasi dari drama China bertajuk Go Princess Go yang diangkat dari novel fantasi sejarah. 

14. True Beauty

Selain Mr. Queen, drama bergenre komedi romantis, True Beauty yang banyak ditunggu juga rilis di bulan Desember 2020. Drama yang diangkat dari webtoon populer bertajuk The Secret Of Angel ini bercerita tentang Lim Ju Kyung (Moon Ga Yoong) yang menutupi kekurangan wajahnya dengan riasan. 

Rahasia Lim Ju Kyung ini tidak diketahui oleh teman-teman sekolahnya kecuali Lee Su Ho (Cha Eun Woo). Su Ho sebenarnya memendam cinta pada Ju Kyung, namun ternyata sahabatnya Han Seo Joon (Hwan In Yeop) juga jatuh cinta pada Ju Kyung. Kira-kira siapa yang akan dipilih oleh Ju Kyung?

Nah, itu dia 14 rekomendasi drama korea terbaik tahun 2020 yang bisa jadi pilihan tontonan buat kamu. Drama mana aja nih yang udah kamu tonton dan jadi favoritmu? (*)


1 komentar